BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Monday, July 6, 2009

Hang Out Ke Pasar Mester Jatinegara

Sabtu menjelang siang, kami menyusuri jalanan arah kearah timur Jakarta. Nggak timur2 amat sih, orang kampung melayu sanaan dikit. Awalnya memang kami berencana ke pasar Jatinegara, tapi berhubung kakak jemputnya rada siangan jadi ya maju mundur. Tau sendirilah, arah ke pasar Jatinegara terkenal macetnya. Macet dicampur panas, takutnya nanti malah emosi. Tapi kakak memutuskan buat lanjut... misi kami.
Sruuuuttttt sampailah kami dipasar Jatinegara, pasar yang benar benar pasar tradisional, udah lama... banget rasanya nggak datang ke pasar tradisional.

Huft.. akhirnya nyampe juga, problem selanjutnya adalah, mo parkir dimana. udah naek ke tempat parkir puenuh semua, mungkin karena kami datang udah tengah hari dan kebetulan week end, tuh motor motor udah pada dijejel-jejel kayak pepes siap di bakar. Aku aja sempat mikir, itu kalo mo keluar motor yang didalem harus keluarin berapa motor aja ya. Akhirnya kami keluar dan cari tempat parkir nyumpel2. N than.. langsung menuju basement.
Hwa.... begitu masuk, kami langsung disambut sederetan kios2 yang menjajakan souvenir, meski nggak semua toko jualan sovenir tapi kios sovenir gampang ditemukan. Awalnya rencana kami cuma liat2 dulu sekalian survei tempat, yang mana yang kasih harga lumayan miring. Karna kami pernah denger kalau di Jatinegara ni, hari Jumat- Sabtu- Minggu harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan harga hari-hari kerja. Soalnya kami mau belikan nggak cuma 100-200, beda2 beberapa ratus rupiah akumulasinya bisa jadi banyak hehehe...
Setelah muter2 tanya sana sini kami menyimpulkan, harga yang ditawarkan nggak jauh beda dari yang udah kuliat2 di inet. Bahkan ada barang yang di diawarkan dengan harga 500an, kayak gantungan HP hehehe. Tapi masih penasaran, apa iya harganya akan lebih murah di hari kerja.
Kemaren sempat tanya2 di toko Etnik Suvenir, Sabilah, Murni yang lainnya lupa, kadang juga nggak ada namanya hehehe. Ini niy hasil kami berputar2 kemaren:

  • Kipas Cendana + nama+ tile start form 2000-2300 IDR
  • Kipas Jepang polos + nama+ tile Start from 1800-2000 IDR (kalo yang warna paut 200an, kalo nggak pake tile dan cetak nama bisa dikasih 1500-1700an)
  • Kipas Batik + nama+ tile 1500 IDR
  • Kipas Bordir + nama+ tile 3500 IDR
  • Kalender Abadi rumah + nama+ tile 2000IDR (kalau banyak mungin bisa kurang lagi)
  • Kalender abadi lengkap ada tempat kartu nama + nama+ tile 2700 IDR
  • Gelas transparan + nama+ tile 1 bunga 2000 IDR
  • Gelas transparan + nama+ tile 3 bunga 2300IDR
  • Dompet Korea gold/ perak 1 warna + nama+ tile 3500IDR
  • Dompet Korea macem2 warna 3000 IDR
  • Dompet batik 1500an IDR
  • dan lainnya lupa, maaf, habis banyak banget deh, gak pake catetan jadi lupa deh
Itu belum ditawar lho, jd masih bisa kurang. Ternyata di pasar Jatinegara nggak hanya jual sovenir pernikahan aja, ada kotak seserahan beraneka bentuk, tempat cincin yang ada bebek2annya dari 25-35K IDR, paper bag, sampai korsase bunga buat tanda panitia juga ada, macam2 bros dari bebatuan, pernak pernik hisasan rambut dsb. Harganya sih, masih masuk diakal, prinsipnya 1, dapet nggak dapet yang penting nawar, hehehe lumayan bisa turun seratus dua ratus kalo untuk barang yang kecil2. Sabtu kemaren kami cuma menjelajahi basement aja lho, nggak sampai naik2 ke lantai atas. Pun udah gembrobyos, trus bingung keluarnya lewat mana, tempat asal mula kami parkir. Hehehe
Alhamdulillah, sovenir udah jd dipesan. Awalnya kami masih sempat bingung mau pake Kipas cendana, Kipas Jepang atau kalender abadi. Karna Acara kami out door, jadi kipas akan lebih akan berguna, makanya kalendernya dieleminasi. Trus ternyata setelah dibanding-bandingkan, kalau kipas cendana akan monoton warnanya akan coklat-coklat aja, nah pas buka kipas jepang, wananya lucu2, soft semua. Ada soft pink, biru, dll. Koq kalau dilihat jadi lebih menarik gitu.
Kami pesan di Toko Murni Souvenir di Lt Basement AKS 131 G Ps Jatingara telp 8197225. Soalnya disini dia mau kasih harga 100 lebih murah dibandingkan dengan yang lain, hehehe. Waktu cetak nama kurang lebih 1 minggu (rata2 7- 10 hari untuk pengerjaan cetak nama dan masukin ke tile, sebelum masuk tile ada plastiknya dulu, eh tapi ada beberapa toko yang mau kasih service 3 hari jg jadi). Wana tile nya juga bisa milih, minimal 100 per warna. Jadi kami pilih yang warna warni, biar semarak. :) Kayaknya untuk 700an akan jadi 1 kardus tinggi gede, nah ini niy yang pusing gimana cara bawanya. Naik motor susah kalo ada boncengannya, naik taksi, males kesononya. hehehe nantilah ya.
Oh ya kami kemaren sempat balik lagi ke Toko Sabilah, soalnya Tya dah kepincut ama buku tamunya. Udah nguber2 nggak nemu yang motifya kaya punya dia. cuma dilapis kain dan ada beberapa bunga pita dan renda, warna nya gold. Tadinya di tawarin 35K IDR tp akhirnya cuma dpt 30K IDR aja. Lumayan.
Kupikir dipasar tradisional itu emang gelap dan remang remang, ternyata katanya listriknya lagi mati, . Oh.. pantes aja, jadi nggak maksimal deh liat barang2nya. Tips kalau ke Pasar Jatinegara niy, pakai baju yang senyaman mungkin, yang menyerap keringat. Alsi deh, keringat kami bercucuran kayak bis joging. Bawa air putih, takutnya kalo muter2 keausan, walau ada yang jualan juga sih. Nah kalau bisa jangan pas weekend, karna rame, bakal susah cari parkirnya, kalo terpaksa pas week end kalau bawa kendaraan sendiri mendingan parkir di PGJ atau tempat lainya.
Oh ya, bagi yang mo solat, di pasar ini juga ada masjidnya, di lantai 3 atau keluar dikit dari pasar ada masjid disitu. Jd nggak perlu khawatir ketinggalan solatnya gara2 keasikan hunting.

0 comments: